23 October 2011

Ketua Aidit Pun Punya Buku "Traveling"

Buku catatan perjalanan menyinggahi negeri-negeri di luar Indonesia banyak sekali terbit. Melawat ke Barat karya Adi Negoro salah satu tonggak yang mesti disebut. Buku itu tiga jilid. Yang ke sini-ke sini malahan lebih banyak lagi. Nama Trinity adalah tonggak untuk perjalanan mengunjungi tempat-tempat dengan penulisan yang riang dan ceria. Terkadang juga menggelikan.

Model dan gaya menulisnya juga banyak. Ada yang fiksi, panduan, tulisan lepas seperti menulis di blog-blog pribadi. Juga ada yang menulis dengan perencanaan cara pandang. Misalnya hanya mengunjungi negara-negara serumpun, seperti negara beraliran "stan" seperti Pakistan, Afganistan, Tajikistan, dan Turkmenistan, seperti yang dilakukan Agustinus Wibowo.


Nah, pada tahun 1959, Ketua Aidit pun mengeluarkan buku catatan perjalanan. Pilihan negara yang dikunjungi pun bersesuaian dengan ideologi anutan: KOMUNIS. Negara-negara sosialis. Negaranya pun memakai "angka keramat": 9. Antara lain negara itu: Cekoslowakia, Hongaria, Jerman, Rumania, Bulgaria, Uni Sovyet, Tiongkok Vietnam, dan Korea.

Buku ini, seperti item negara pilihannya tentu saja tak ada cekikikan, ketawa ketiwi, ataupun ketakjuban melihat pantai dan foto-foto wisata. Semuanya dari pertemuan ke pertemuan antara pemimpin teras Partai Komunis setempat.

Ini memang wisata pemikiran dan jaringan komunis. Nah, untuk mengetahui sekilas bagaimana buku itu dituliskan, silakan ambil "e-book"-nya dari link di bawah ini:

1959 Dari 9 Negeri Sosialis (Aidit)_PKI, Komunis

Salam!

1 comment:

Administrator said...

mantabs...
www.gending-cc.co.cc