24 July 2015

(Masih) Bersetia dengan Blogspot

Saya tetap memakai domain blogspot.com ini dan tak lagi terpikir untuk menggantinya. Pernah terpikir untuk menggantinya menjadi berbayar supaya saya terlihat lebih keren, mentereng, dan sudah berduit. Tapi sayang urung. Bukan karena apa, di saat yang sama berkelebat di pikiran saya membuat radio buku berbasis internet dan website-nya.

Maka saya dahulukan belanja domain radiobuku.com dan sekaligus mengganti web indonesiabuku.com karena ketakmampuan saya dan lembaga di mana saya bernaung mengerjakannya secara sekaligus.

Pada 2012, saya kembali tergoda untuk segera membuat keren blog ini dengan berlangganan domain. Tapi belum sempat mewujud, berkelebat lagi ide membuat warung arsip berbasis web. Jadilah saya ribet, ribut, dan bersekutu dengan webmaster menggarap web itu; mula-mula warungarsip.com yang kemudian bersulih menjadi warungarsip.co.

Saya tergoda untuk kembali mengganti domain blogspot ini menjadi domain berbayar, misalnya menggantinya dengan ".org". Namun lagi-lagi urung. Karena ada gairah saya menyiapkan website Newseum Indonesia yang sejak 2008 terbengkalai. Jadilah web newseumindonesia.co pada 2015 untuk menyimpan kronik dan peristiwa pers (daring dan cetak) dan media sosial yang saya kerjakan dan disokong kontribusi dari lembaga saya bernaung Yayasan Indonesia Buku.

Kalau saya masih bersetia dengan domain gretongan blogspot.com ini, percayalah, bukan karena saya betul-betul setia, karena saya selalu terbentur membuat web baru buat sebuah lembaga yang itu membutuhkan perhatian uang yang lebih. Percayalah, saya bukan ingin menunjukkan bahwa saya generasi yang dibesarkan oleh gaya hidup (yang pernah keren), "blogspot", tapi karena uang saya yang tak seberapa ini selalu habis saya belanjakan untuk hal-hal lain. Termasuk bergilir dengan lembaga saya bernaung membayar iuran wajib bulanan tiga web yang kami hidupkan dengan susah payah saat ini.

Apakah domain "blogspot" ini tidak keren? Saya lebih baik bekerja keras sajalah untuk mengisinya.

No comments: