21 March 2007

Kitab Darmogandul

Lil Muttaqin: "Sesudah telanjang kemaluan laki-laki termuat dalam kemaluan wanita...."

::gus muh

Kitab Darmogandul adalah salah satu kitab yang merujuk pada "tafsir" atas ajaran Islam. Kitab yang lahir di Jawa pada masa Islam sedang tumbuh-tumbuhnya ini satu paket tema dan corak dengan Centhini, Gatoloco, Dewa Rutji. Selain dituduh sebagai kitab penyesat maha sesat, kitab ini juga dituding banyak kalangan sebagai kitab pengumbar syahwatmahasyahwat. Itulah sebabnya kitab ini hanya beredar di kalangan terbatas. Selain provokatif, kitab ini sangat vulgar membahas organ-organ sensitif insaniah. Berikut ini satu-dua nukilan "tafsir" Kitab Darmogandul:

"Adapun orang yang menyebut nama Muhammad, Rasulullah, nabi terakhir, ia sesungguhnya melakukan zikir salah. Mukammad artinya makam atau kubur. Ra su lu lah artinya rasa yang salah. Oleh akrena itu ia itu orang yang gila, pagi sore berteriak-teriak, dadanya ditekan dengan tangannya, berbisik-bisik kepala ditaruk ditanah berkali-kali..."

"Nama Mohammad Rasulullah, artinya: Makam, yakni kuburan. Yaitu kuburan segala rasa. Memuji-muji Mohammad berarti memuja badan sendiri yang menjadi bayangan Zat Allah dan tidak memuji Mohammad yang berbangsa Arab...."

"Tersebut dalam Al-Quran: Alip Lam Mim, dzalikal kitabula raiba fihi hudan lilmuttaqin alladzina... Artinya: Alif adalah hururf hidup tak kena mati. Dzalikal, jika tidur kemaluannya nyengkal atau tegak atau bangkit. Kitabula artinya kemaluan lelaki masuk ke dalam kemaluan perempuan dengan tergesa-gesa. Raiba fihi, perempuan yang mengenakan kain. Hudan: telanjang (bs jawa: wuda). Lilmuttaqin: sesudah telanjang kemaluan laki-laki termuat dalam kemaluan wanita...."

15 comments:

toufan tambunan said...

edan...
bener-bener ngak bener !!!
emang darmogandul artinya apa mas ?

trus dia itu ngartiin kata-kata tsb pake bahasa apa ? perasaan dalam bahasa arab artinya nggak se-porno itu deh...

Muhidin M Dahlan said...

Darmogandul dalam bahasa jawa kira2 artinya: kemaluan laki-laki.....

Chakiem said...

Pantas saja dianggap sesat, lha wong bikin tafsir dengan seenak udel dan tanpa ilmu gitu kok.

aroengbinang said...

membaca pikirian yg nyleneh bisa membangkitkan inspirasi, seperti petinju yg butuh lawan latih untuk berjaya. salam.

Toni said...

Itu bukan kitab, atau novel, atau tulisan ilmiah dan lain2, tapi orang gila yg lagi kesurupan dan gak punya istri, jadi ngomongnya ngelantur dan ngebayangin sex melulu.

mr puq said...

dasar cukimai ko punya otak dikit kali

K@2Q said...

Ass.. Maaf Saudara tadi bilang kira-kira maknanya seperti itu,..!! berarti anda sudah membuka kedok anda sendiri bahwa anda memang hanya mengarang dan berbicara ngawur tanpa ada landasannya apapun,.!
Yang saya tangkap disini Anda hanya ingin memecah belah umat islam dengan argumen yang sangat ngawur dan bertentangan dengan yang mereka pelajari setiap hari!
Satu pesan dari saya "Kebenaran yang pasti itu hanya di milik ALLAH SWT" Wass,..

kasman said...

ha...ha..ha..

aku jadi teringat dengan kang darmo yang rajin ke inai di jogja mas

bener2 luar biasa.....
uennnnak tenan...

aku juga jadi teringat dengan tulisan sampeyan "tarian kesuburan" dalam "Kabar buruk dari langit"....

salute...

Arum Indriani Wisnu Nagara said...

kacao kacao..........
(*sambil neken neken jidat*)

doly sity said...

Kitap darmo doly tempat orang ngolco hemmm

Anonymous said...

Kitap darmo doly tempat orang ngolco hemmm

Anonymous said...

RAHAYU WILUJENG.......mas dene ono opo2 aku orah... melu-lelu......sunmanta ajiku ajiku pAti roso sampurno.... langit kang kelap murup madang sangkan paranmu mati kecaton roso sampurno kang ilang duminter marang sedayamu.... koe kang loro asor deneng bebrayan..........amin....


kang dadi manungso ojo dumeh......koe iku ora ngerti asal usul, ojo ngabalak......wong jowo ora iso di gawe main-main...malah koe kesiku.......DARMOGANDUL IKI KITAP KANG BECIK.....ojo di salah artekno........RAHAYAU...WILUJENG

Anonymous said...

assalammualaikum wr wb
pinanggih raayu kagem mas seng ngaku DARMO GANDUL iku kitab kang becik?
maaf mas sblny?jika bener KITAP DARMO GANDUL itu kitap yang bagus(becik)knp hrs menuding dan mengartikan makna dari kitap2 ajaran Agama (islam Terutama)dengan hal yng tidak senono ato ora elok(ora ILOK)gak bagus di pandang dan di tiru?apa lagi i laksanakan?
kalaupun kt gak cocok dengan agama lain,gak usahlah kita menghujat apa lagi sampai mengartikan dalam pandangan yang berbeda?
dan itu pun kita buat pegangn dalam diri kita dalam mencapai hakekat hidup jg akir hayat(mati)
damlam islam kt tidak di ajarkan untuk mencele apalagi mencaci suatu agma,yang tidak sama denga agama islam?
saya jg orang jawa dan awam dengan DARMA GANDOL?
tapi apakah segitunya...ajara DARMO GANDOL (kejawen)merendakan agama2 lain selain Kejawen?
APAKA anda sendir tau dan mengerti arti dari DARMO GANDOL?
dan apakah darmo gandul jg mempunya dasar atas dalil2/ucapan yang tersebut di dalamnya....?
dan jg saya berharap apa yang di paparkan dalam Kitap DARMO GANDOL bukan hanya tembung lerpamane(UMPAMANE/Sanepo)
arapan saya agar semua ini bisa di pertanggung jawabkan baik secara lahir maupun batin?
agar semuanya tidak terseret dalam arus PERSEKUTUAN dengan SETAN


Sedikit klo saya boleh menguraikan
bahwasanya arti dari:
DARMO GANDOL
DARMO = Darma/kebaikan/pengabdian
GANDOL = Menggantung(Bhs Jawa)/menauruh sembarangan di tembok (Nyentelke)Bhs jawa lagi
kesimpulannya....
"MENARUH ATAU MENGABAIKAN KEBAIKAN/KEBENARAN" (si'ar agama)terutama penolakan syari'ah islam ?
dengan dalih tembung LERPAMANE alias tembung SANEPO


sekali lagi...keyakinan kita serahkan pada diri kita masing2,anda pasti mengerti mana yang baik dan juga yang tidak baik?
saudaraku se iman?kita kuatkan iman kita kepada ALLAH SWT
jangan termakan atas semua hasutan dan ketidak benaran?
karena semua itu akan menjadikan KITA kedalam Golongan Ornag2 YANG MERUGI di akir jaman nanti


anya ALLAH yang tau....

Dumateng derek kawulo sedanten...
bek bilih wonten kalepatan ,anggon kawulo salah pangucap
kawulo nyuwun samudrane pangapuro
Dumateng Poro Pamiarso sekalian...
mugio kula di paringi seger kawarasan...padang dumateng ngelampahi Rukun islam Lan Iman
amien3x ALLAHUMMA AMIEN...

WASSALAM
WILUJENG RAHAYU
PAMBAYUNE PANDOWO

"JAGAD ROSO RIBAK RIBUK REK BUMI,BUMENG CURENG.........."
"siro Ratuneng Geni,yo ratuning wesi....abang ijo kuning ireng sejating manungso...."

latansha putry said...

Astaghfirulloh ......3x

Alipinang Rila said...

Inilah....salah satu kazanah pengetahuan masyarakat jowo...begitu pandai otak atik matuk,benar atau tidaknya,kita tidak tahu...sebagai muslim yg doif saya sangat apreatif terhadap hal2yg demikian,krn banyak tafsir kitab2 suci,ada banyak yg tidak ditafsirkan ataupun dimaknai apa maksudnya itu...contoh alif lam mim...alif lam ro....kaf ya ain shot...tidak dijelaskan apa itu....ujung2nya itu rahasia yg berasal dari yang maha rahasia...sehingga kazanah pengetahuan ini merupakan cambuk secara pribadi untuk lebih tekun dlm mempelajari hal2 yg sangat rahasia....krn rahasia itu berasal dari ilahi robi....disanalah tempat rahasia dari segala rahasia....jika ingin kebenarannya disanalah jawabnya.....selalulah bertanya pd yg punya rahasia....dengan banyak2 mendekat pada maha rahasia.....